Cara Mudah Memindahkan Data Hosting Cpanel

Cara Mudah Memindahkan Data Hosting Cpanel

Cara Mudah Memindahkan Data Hosting Cpanel

Cpanel menjadi salah satu control panel paling populer selain karena tampilannya yang mudah digunakan cpanel ini memiliki banyak sekali fitur salah satunya adalah backup & restore yang bisa digunakan pengguna untuk memindahkan data antar hosting cpanel dengan lebih mudah. Pada panduan ini kita akan menjelaskan langkah langkah untuk memindahkan data hosting Cpanel ke hosting Cpanel lainnya menggunakan fitur backup & restore. Langsung saja simak artikel ini sampai selesai,

Proses Backup Data Hosting Cpanel

Pertama yang harus dilakukan untuk memindahkan data adalah melakukan backup data hosting cpanel lama, kamu bisa masuk ke cpanel lalu cari menu Backup Wizard seperti pada gambar berikut

backup cpanel

Selanjutnya pilih Backup

backup cpanel hosting

Sampai di bagian ini ada 2 opsi yang bisa kamu pilih antara full backup atau partial backup, karena tujuan panduan ini supaya nanti bisa dengan mudah di restore maka pilih partial backup.

cpanel backup partial

Dalam partial backup ini ada 3 data yang bisa di backup, pertama data direktori home pada file manager, lalu database, dan email. Pertama kita coba backup Home Directory.

backup data hosting

Klik tombol untuk mulai download data partial backup dan tunggu sampai selesai. Jika sudah kita lanjut ke bagian database, kembali ke halaman backup wizard sebelumnya dan klik Mysql Databases.

backup database hosting anymhost

Pada tampilan ini akan muncul semua database yang pernah dibuat di hosting, kamu bisa pilih mana yang ingin di backup, cukup klik nama databasenya dan tunggu sampai download selesai. Begitupun dengan backup email caranya kurang lebih sama. Setelah proses backup selesai selanjutnya kita ke proses restore di hosting cpanel yang akan digunakan.

Proses Restore Data Hosting Cpanel

Setelah data backup dari hosting cpanel sebelumnya berhasil di download seluruhnya dan lengkap, proses restore ini baru bisa dilakukan. Prosesnya mirip dengan backup, di halaman awal backup wizard pilih Restore.

restore data hosting

Lalu akan muncul beberapa pilihan sama seperti saat proses backup, ada opsi Home Directory, Mysql Database, dan juga Email.

Restore Data Home Directory

Pertama restore file yang ada di dalam direktory home, jadi pilih opsi Home Directory.

restore home directory

Lalu pilih file backup home directory yang sebelumnya di download, dan klik upload. Tunggu sampai prosesnya selesai karena ini akan perlu waktu tergantung ukuran dan jumlah data yang ingin di restore.

Restore Mysql Database

Pilih opsi restore Mysql Database, selanjutnya pilih database yang sebelumnya di download dan klik upload lalu tunggu sampai selesai.

restore database

restore database

Jika prosesnya sudah selesai akan tampil pemberitahuan seperti ini.

restore database mysql

Setelah memindahkan database, username hosting lama dan baru tentunya berbeda jadi kamu perlu merubah konfigurasi database pada program yang digunakan.

Contoh : Cara Mengganti Konfigurasi Database WordPress

Itulah cara mudah untuk memindahkan data antar hosting cpanel dengan mengguunakan fitur backup dan restore, semoga panduan ini bisa membantu.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya