Keunggulan CMS WordPress yang Perlu Kamu Tau

Keunggulan CMS WordPress yang Perlu Kamu Tau

Keunggulan CMS Wordpress yang Perlu Kamu Tau

Ketika mencari rekomendasi CMS terbaik, mungkin WordPress adalah salah satu saran yang akan muncul. WordPress memang merupakan CMS terpopuler selama beberapa tahun terakhir. Dari beberapa survey lebih dari 30% website di dunia menggunakan WordPress. Mereka menggunakan wordpress tentu saja karena banyak keunggulan di dalamnya. Berikut beberapa keunggulan wordpress yang perlu kamu tau

1. WordPress itu Gratis

Pada dasarnya, WordPress dapat diunduh dan digunakan secara gratis melalui wordpress.org. Hanya saja, Kamu memerlukan web hosting dan domain agar dapat menggunakannya. Di AnymHost, kamu bisa mendapatkan layanan wordPress hosting dimulai dari Rp 5.000 per bulan. Domain juga tersedia dari harga Rp 20.000 per tahun.

2. Dukungan Komunitas Besar

Kamu dapat menemukan berbagai komunitas pengguna WordPress di dunia maya dengan mudah, kamu bahkan bisa menemui nya di berbagai sosial media seperti facebook atau telegram.

Di samping itu, ada juga berbagai event yang menampung para pegiat WordPress, seperti WordCamp. Event ini sering diadakan di Indonesia, jadi kamu tidak perlu ke luar negeri. Wordcamp juga baru baru ini terlaksana di Gresik pada 9 November lalu.

3. Beragam Theme & Plugin Gratis

Seiring dengan banyaknya pengguna wordpress, kustomisasi wordpress pun menjadi hal yang mudah. Saat ini ada banyak sekali theme gratis yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan website wordpress kamu. Selain itu, hampir seluruh theme WordPress mudah dikustomisasi tanpa coding. Jika ingin mengubah font, warna tulisan, dan model layout, Kamu hanya perlu melakukannya dengan beberapa klik.

Lalu untuk menambahkan fitur di WordPress, Kamu membutuhkan plugin. Saat ini sudah tersedia lebih dari ribuan plugin gratis di repository-nya. Sebagai contoh, Kamu bisa mengubah WordPress menjadi sebuah website ecommerce dengan plugin WooCommerce. Bisa juga digunakan untuk membuat portfolio online menggunakan plugin seperti Envira Gallery.

Di samping itu, masih ada banyak pilihan yang disuguhkan oleh developer-developer pihak ketiga, baik gratis maupun berbayar. Dengan demikian banyaknya variasi yang ada, pengguna CMS ini bisa membangun WordPress sesuai keinginan dengan mudah.

4. Fleksibel

WordPress dapat dipakai untuk membangun website dalam berbagai skala, mulai dari sebuah blog sederhana hingga toko online dengan berbagai produk. Akan tetapi, fleksibilitas WordPress tidak berhenti di situ. CMS ini juga bersifat mobile-friendly. Artinya, Kamu dapat menyesuaikan tampilan website untuk berbagai ukuran layar terutama tampilan mobile. Terlebih lagi, hal ini tidak membutuhkan keahlian teknis.

Untuk mengatur tampilan konten website, Kamu hanya perlu membuka menu kustomisasi tema. Di samping itu, ada juga beberapa plugin yang membantu Kamu menciptakan website mobile friendly.

5. Mudah Digunakan Pemula

Salah satu kelebihan yang membedakan WordPress dengan CMS lainnya adalah kemudahannya. Tidak hanya dalam pengoperasian, tetapi juga bagi pengguna baru. Dengan kemauan belajar yang tinggi, orang awam pun dapat memahami WordPress dengan cepat. Platform ini menyediakan artikel knowledgebase dan forum bantuan yang membahas berbagai topik, mulai hal-hal dasar hingga tingkat lanjut.

6. Aman

Keunggulan yang terakhir dan utama adalah, CMS WordPress ini aman. Keamanan data adalah salah satu hal terpenting ketika memiliki website, terutama jika berurusan dengan transaksi dan informasi pribadi. Kamu tidak perlu cemas karena banyak plugin peningkat keamanan yang tersedia di WordPress, seperti WordFence dan Sucuri Security. Di samping itu, CMS ini selalu meng-update penggunanya tentang isu-isu keamanan yang ada dan memberikan pembaruan rutin.

M Ryan
M Ryan
Seorang pelajar yang suka membuat konten, saat ini menjadi content creator di AnymHost. Suka dengan artikelku? jangan lupa bagikan ya!!!
ARTIKEL
Lainnya