Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada WordPress

Cara Mengatasi Error 404 Not Found pada WordPress

cara mengatasi 404 error not found

Error 404 Not Found bisa terjadi pada website apa saja termasuk salah satunya website dengan CMS wordpress. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Sebelum masuk ke cara, kita mau menjelaskan sedikit nih tentang Error 404 not found, sesuai artinya “Tidak Ditemukan” jadi error ini muncul karena file atau halaman yang akan diakses tidak ditemukan server. Penyebab error ini diantaranya

  • URL / Permalink yang diakses salah
  • Kesalahan konfigurasi .htaccess
  • Error pada plugin

Langsung saja kita bahas cara mengatasinya

1. Periksa URL & Setting Ulang Permalink

Di cara pertama kamu bisa memastikan terlebih dahulu url yang akan diakses, karena kesalahan 1 huruf saja bisa membuat error ini muncul. Jika url yang diakses benar tapi masih error kamu bisa coba setting ulang permalink melalui dashboard admin eordpress.

Masuk ke halaman settings > Permalinks seperti pada gambar berikut

Seting Ulang Permalink WordPress

2. Atur Ulang File .htaccess

Ketika kamu mengubah permalink pada wordpress, tentunya file .htaccess akan otomatis ikut berubah. Kamu bisa menemukan file .htaccess ini dalam folder utama web wordpress kamu. Setelah membuka file .htaccess kamu bisa menghapus seluruh baris yang ada di dalamnya dan ganti dengan kode .htaccess default berikut

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

Jangan lupa klik save dan coba akses websitemu kembali.

3. Matikan Plugin

Cara terakhir, kamu bisa mematikan plugin yang berkaitan dengan keamanan ataupun cache seperti litespeed. Kamu bisa mematikan plugin secara langsung melalui admin dashboard ataupun melalui file manager.

Jika ketiga cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalahmu, kamu bisa langsung menghubungi Customer Support, dan tim support akan secepat mungkin membantu kamu. Layanan ini tentunya hanya berlaku jika kamu memiliki paket web hosting di AnymHost.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya