Perintah Dasar Linux yang Wajib Kamu Tau

Perintah Dasar Linux yang Wajib Kamu Tau

Perintah Dasar Linux

Ingin belajar linux tapi tidak tau harus mulai darimana? kamu berada di artikel yang tepat. Beberapa perintah dasar linux ini bisa kamu jadikan awalan untuk mulai mempelajari linux, karena perintah dasar ini pastikan akan sering kamu gunakan.

Baca Juga : Mengenal Sistem Operasi Linux, dan Keunggulannya

Berikut beberapa perintah dasar linux yang wajib kamu tau

1. pwd

Fungsi command ini untuk memudahkan kamu dalam mengetahui dimana lokasi direktori yang sedang digunakan saat ini. Setelah memberikan command pwd maka sistem akan mengembalikan path penuh, seperti contohnya /home/anymhost.

2. ls

ls merupakan perintah dasar yang digunakan untuk melihat daftar isi dalam suatu directory. Command ini akan menampilkan isi dari direktori yang kamu gunakan saat ini. Jika ingin melihat isi direktori lain, ketik Is, ditambah dengan path direktori. Contoh, ketik Is /home/anymhost/foto untuk melihat isi dari folder foto.

Perintah ls sering dikombinasikan dengan –1, sehingga akan menampilkan nama file dan informasi dari file yang ditampilkan.

3. cd

Kamu bisa menggunakan command cd untuk berpindah dari directory  saat ini ke directory lain, seperti contohnya kamu saat ini berada di directory /home/anymhost/foto lalu kamu ingin berpindah ke directory home user, maka kamu bisa mengetikkan cd ../ dan kamu akan berapa di directory anymhost.

4. whoami

Jika diartikan, perintah ini berarti siapa saya?, ya sesuai dengan artinya tersebut. Fungsi dari perintah ini adalah untuk mengetahui user apa yang sedang kita gunakan saat ini. Walaupun sebenarnya kita bisa melihat nama user yang tertera di bagian kiri terminal.

5. chmod

Command ini digunakan untuk mengubah izin terhadap folder atau directory yang sudah ditentukan. Dengan menggunakan chmod ini kamu bisa menentukan user mana yang memiliki akses ke file. Perlu diingat, hanya root ( adminstrator ) dan pemilik file yang bisa mengubah ini.

6. chown

Memberikan keamanan dan proteksi merupakan tugas utama dari Chown. Perintah chown terbagi atas 3 bagian, yakni pembuat file (user), beberapa pengguna (group), dan pengunjung yang hanya bisa melihat datanya saja tanpa melakukan editing (others).

7. touch

Biasanya perintah ini digunakan untuk membuat file kosong. Kamu juga bisa mengubah timestamp file atau folder dengan menggunakan command ini.

8. mv

Seperti singkatan dari Move, kamu bisa menggunakan command ini untuk memindahkan file antar folder, kamu juga bisa menggunakan mv untuk merename nama sebuah folder atau file. Contoh penggunaan dari command ini seperti mv movie.mp4 ../Film.

9. cp

Bisa kamu ingat dengan singkatan dari Copy, fungsi command ini untuk melakukan penyalinan (copy paste) data dari satu direktori ke direktori lainnya.

10. sudo

Sudo, kependekan dari “superuser do” dengan perintah ini kamu bisa mendapatkan akses root dalam menjalankan perintah. Karena ada beberapa perintah yang hanya bisa dilakukan oleh root ( Administrator ). Contoh dari penggunaan perintah ini seperti sudo chmod 755 movie .

11. cat

cat digunakan untuk meampilkan isi text dari sebuah file. Jika file yang dililihat menggunakan perintah ini bukan file text maka akan keluar karakter aneh pada layar. Untuk menghindari tercetaknya karakter-karakter aneh tersebut kamu dapat menggunakan perintah cat –v.

12. find

find mempunyai fungsi yang lebih spesifik yaitu untuk mencari sesuatu. Kamu bisa mencari tidak hanya menggunakan nama, tetapi kamu juga bisa menggunakan ukuran file ataupun ekstensi folder untuk mencari. Seperti contoh kamu ingin mencari semua file zip, maka kamu hanya perlu mengetik find / -type f -name “*.zip” .

 

Itu lah beberapa perintah dasar Linux yang perlu kamu tau agar bisa membantumu saat akan mengoperasikan suatu task. Selalu perhatikan penulisan semua commands benar agar tidak gagal dan terjadi error. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang baru terjun dan mulai belajar linux.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya