Rekomendasi Framework CSS untuk Para Frontend Developer

Rekomendasi Framework CSS untuk Para Frontend Developer

rekomendasi framework css

 

Halo pembaca sekalian, banyak diantara kalian pasti ada yg mengalami kesusahan saat mendesain website menggunakan css, bukan berarti kalian tidak bisa mendesain website loh. Hanya saja kalian hanya harus beradaptasi dengan beberapa framework yg mimin rekomendasikan.

Menjelang akhir tahun 2022 ini ada begitu banyak framework yg bagi mimin cocok banget untuk kalian para pembaca sekalian, mudah digunakan dan ada dipakai di beberapa perusahaan loh. Mau tau apa aja?, yuk baca terus artikel mimin sampai habis, jangan lupa absen di kolom komentar nantinya ya.

Oke kita akan mulai dengan framework yg paling banyak dikenal orang, pastinya kalian udah pada tau dengan framework yang satu ini.

 

Bootstrap

 

Bootstrap

 

Siapa sih yang ga tau sama framework yang satu ini. Bootstrap merupakan framework css yang mudah digunakan, kamu cuman perlu bermodalkan html dan css dan kamu bisa menggunakan bootstrap. Banyak website yang menggunakan framework yang satu ini loh. Selain mudah, bootstrap juga bisa dipakai untuk komponen desain website karena bersifat open source.

 

Bootstrap

 

Ada begitu banyak fitur yang diberikan oleh bootstrap, seperti mengatur form, navbar, card, button, dan masih banyak lagi. Didukung oleh banyak browser seperti chrome, firefox, microsoft edge, dan internet explorer. Tentu saja kalian bisa mendapatkan framework bootstrap secara gratis disini.

 

Bulma

 

Bulma

 

Untuk framework yang ke dua, mimin rekomendasiin bulma framework, bulma framework ini juga ga kalah bagusnya dengan bootstrap loh. Dengan tampilan simple tapi menarik, cocok banget deh buat kamu yang mageran untuk ngoding.

Desain bagus dan pemilihan warna yang bisa dicustom, framework ini pas banget untuk kamu yang bekerja sendiri atau pertim. Atau untuk kamu backend developer, bulma ini cocok banget buat kalian karena code yang simple dan ga makan banyak line. Tertarik?, kamu bisa mendapatkannya disini.

 

Bulma

 

Materialize

 

Materialize

 

Framework yang ke tiga adalah materialize. Rivalnya bulma, dengan fitur yang dihadirkan cukup lengkap mulai dari navbar mobile, form, transitions, media responsive, dan beberapa fitur yang bisa kita pakai menggunakan javascript, karena kemudahannya inilah yang membuat materialize digemari developer frontend maupun backend.

Untuk kamu yang ga mau pake ribet, materialize juga memberikan fitur template untuk pengguna, hanya saja kamu harus membayar sekitar Rp. 917.000,00 untuk sekali pembayaran, dan kamu akan mendapatkan semua template yang telah disediakan. Untuk mengaksesnya kamu bisa klik disini

 

Materialize

 

TailwindCSS

 

TailwindCSS

 

Saat kita pertama kali mengunjungi situs tailwind, kita disuguhkan dengan tampilan website yang menarik dengan ditampilkan beberapa preview komponen dari tailwind. Mimin rekomended banget buat kamu yang ingin punya website dengan tampilan elegan dan keren.

Tentu saja dibalik kebagusan dari suatu framework ada harga yang harus dibayar, tidak seperti beberapa framework diatas yang gratis. Di framework tailwind ini kamu harus membayar sekitar Rp. 4.600.000,00 sekali pembayaran untuk 1 orang. Atau untuk kamu yang bekerja sebagai tim kamu harus membayar Rp. 12.430.000,00 untuk sekali pembayaran. Untuk pembelian kamu bisa cek disini

 

TailwindCSS

 

Foundation

 

Foundation

 

Foundation, merupakan framework yang cukup populer dikalangan frontend dan fullstack developer. Fitur yang diberikan cukup lengkap, dan kamu bisa memilih template websitemu sendiri dengan membuat akun di foundation. Dengan mendapatkan rating 30k star di github, membuat framework ini mulai bisa bersaing dengan framework lainnya.

Foundation juga menghadirkan beberapa plugins dan add-ons yang pasti itu akan sangat berguna untuk kamu nantinya ketika ingin membuat website lebih responsive. Dengan mendaftar di foundation, kamu akan diberikan akses untuk mencoba 6 template standar dari foundation. Tertarik?, coba cek linknya disini.

 

Foundation

Xeva id
Xeva id
Author gabut, btw makasih udah mau baca artikel gua
ARTIKEL
Lainnya