Cara Membuat Postingan Baru di WordPress

Berikut adalah cara membuat postingan di WordPress;

  1. Login ke dashboard WordPress anda melalui namadomain/wp-admin
  2. Klik menu Posts > Add new
Cara Membuat Postingan di WordPress
  1. Pada kolom Add title, silahkan isi judul postingan yang ingin anda buat.
Cara Membuat Postingan di WordPress
  1. Anda dapat memanfaatkan fitur shortcut block yang disediakan oleh Gutenberg, untuk menambahkan detail pada artikel yang dibuat. Anda bisa menambahkan gambar, setting heading hingga menambahkan detail lainnya.
Cara Membuat Postingan di WordPress

Setelah selesai menulis artikel, Anda bisa mengisi permalink, category, tag hingga menambahkan feature image. Berikut kami jelaskan masing-masing fungsinya.

Permalink digunakan untuk setting alamat URL artikel yang anda buat. secara otomatis, WordPress akan men-generate permalink sesuai dengan settingan permalink yang anda gunakan. Namun anda juga bisa melakukan editing url artikel melalui menu permalink, apabila ingin meringkas URL artikel anda.

Setting Categories #

Menu categories digunakan untuk memberikan kategori pada artikel yang anda buat. Untuk membuat kategori baru, klik ‘add new categori’ lalu isikan nama kategori yang akan anda buat. Atau anda bisa memilih kategori yang sebelumnya telah anda buat.

Cara Membuat Postingan di WordPress

Setting Tags #

Tags adalah kata yang mendeskripsikan artikel yang kita buat. Kalau di Twitter atau Instagram, kita kenal dengan sebutan hashtag. Tag digunakan untuk mengelompokkan artikel sesuai dengan tema yang dibahas.

 

Feature image #

Feature image adalah gambar utama yang akan dijadikan profile dari artikel yang kita buat. Dalam mengupload gambar di feature image, anda perlu memperhatikan ukuran gambar yang akan diupload. Berikut ukuran feature image yang direkomendasikan oleh Facebook;

  • 600×315 px
  • 1200×630 px (rekomendasi)

Selain ukuran, anda juga wajib memperhatikan size gambar yang diupload. Disarankan size file gambarnya tidak lebih dari 100kb.

Publish #

Setelah penulisan artikel dan detail keterangan artikel selesai dibuat, selanjutnya Anda bisa menekan tombol ‘publish‘ untuk mempublikasi artikel yang anda buat.