Cara Menghapus Ekstensi .php Dari URL

Cara Menghapus Ekstensi .php Dari URL

menghapus ekstensi .php pada url

Kamu yang baru terjun ke web development mungkin saja masih bingung mengenai permasalahan yang satu ini. Yaitu bagaimana cara untuk menghapus ekstensi .php yang biasanya muncul di akhir URL. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara mudahnya dengan menggunakan beberapa baris kode .htaccess. Ikuti panduan step by step berikut ini untuk menghindari kesalahan yang bisa saja terjadi.

Kenapa Perlu Dihapus?

Mungkin kebanyakan orang tidak peduli dengan URL karena mereka terbiasa melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya. Namun jika kamu seorang pemilik website atau seorang developer website, hal ini akan sedikit mengganggu dan kurang enak untuk dilihat. Kamu bisa membandingkan antara kedua URL berikut.

URL dengan .phpURL tanpa .php

Bisa dilihat URL tanpa .php akan lebih singkat sehingga lebih mudah juga untuk dibagikan. Tambahakan .php pada URL juga tidak begitu berguna bagi pengunjung sehingga lebih baik dihilangkan. Kamu bisa mengikuti cara yang akan dibahas selanjutnya untuk menghilangkan ekstensi PHP tersebut dari URL.

Cara Menghapus Ekstensi .php Dari URL

Sebelum mengikuti cara ini, pastikan kamu memahami URL yang telah diatur pada website. Ini agar kamu tidak bingung, karena nantinya mungkin perlu merubah beberapa URL yang sudah tercantum di website kamu secara langsung jika masih mengarah ke URL lama dengan .php

1. Masuk ke Control Panel Hosting

langkah pertama yang harus kamu lakukan pastinya adalah masuk ke control panel hosting, jika belum punya hosting kamu bisa membelinya terlebih dahulu. Kalau lupa atau bingung, kamu bisa baca artikel sebelumnya tentang Cara Masuk ke Control Panel Hosting.

2. Akses File Manager

Gunakan langsung bilah pencarian untuk memudahkan kamu dalam menemukan File Manager seperti pada gambar berikut, langsung klik saja dan nantinya kamu akan segera dialihkan ke halaman File Manager.

cari file manager hosting

3. Mencari File .htaccess

Jika hosting kamu masih dalam keadaan kosong, maka secara default tidak ada file .htaccess sehingga kamu harus membuat file baru dengan nama .htaccess. Jika kamu sudah mencoba membuat file .htaccess baru namun menampilkan error seperti file sudah tersedia. Kamu bisa klik menu setting yang ada di pojok kanan atas.lalu centang Show Hidden Files.

show hidden file cpanel file manager

Setelah di centang kamu bisa refresh kembali file manager dan lihat file .htaccess yang akan muncul, ini karena secara default file manager cpanel menyembunyikan folder atau file dengan awalan titik (.).

4. Tambahkan Baris Kode ke .htaccess

Jika .htaccess sudah ditemukan, langkah selanjutnya kamu hanya perlu mengcopy paste beberapa baris kode berikut.

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME}.php -f
RewriteRule ^(.*)$ $1.php
</IfModule>

Kode itulah yang nantinya akan berfungsi untuk menghilangkan ekstensi .php yang ada pada URL. Pastikan klik save setelah mengubah file dan kamu bisa langsung lihat perubahannya dengan mengakses file atau path tanpa ekstensi .php.

Itulah cara mudah untuk menghilangkan ekstensi .php yang ada pada URL menggunakan .htaccess, dengan menerapkan ini URL website kamu akan lebih singkat dan lebih mudah untuk dibagikan.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya