Daftar Kode HTTP Status Beserta Penjelasan Singkat

Daftar Kode HTTP Status Beserta Penjelasan Singkat

Daftar Kode HTTP Status Beserta Penjelasan Singkat

Saat mengakses sebuah website, tidak jarang akan muncul beberapa kode angka seperti 403,404,500 dll nya. mungkin yang paling sering kita temui adala 404 not found yang artinya situs yang dicari tidak ditemukan. namun taukah kalian jika kode error seperti ini ternyata ada banyak loh. yuk baca artikel ini sampai habis biar kamu tau detailnya..

Kode Respon HTTP Client Error (kode 4xx)

a. 400 Bad Request

Kode ini menunjukkan bahwa server tidak memahami permintaan dikarenakan syntax yang invalid.

b. 401 Unauthorized

HTTP status code ini adalah kode yang dikirim ketika permintaan tidak terautentifikasi. Sehingga, kamu harus melakukan autentikasi untuk mendapatkan respons yang diminta.

c. 403 Forbidden

Kode status ini biasanya muncul ketika kamu membuka sebuah laman yang tidak kamu miliki aksesnya. Berbeda dengan kode status 401, server akan mengidentifikasimu sebagai pengguna.

d. 404 Not Found

Kode ini adalah HTTP status code yang paling umum ditemukan. Di browser, ini berarti URL tidak dikenali.

Server juga dapat mengirimkan kode respons ini alih-alih 403 untuk menyembunyikan keberadaan sumber daya dari klien yang tidak sah.

e. 408 Request Timeout

Kode ini dikirim pada koneksi yang tidak aktif oleh beberapa server, bahkan tanpa permintaan sebelumnya oleh klien.

Artinya, server ingin mematikan koneksi yang tidak digunakan ini.

Respons ini digunakan lebih banyak karena beberapa browser, seperti Chrome, Firefox 27+, atau IE9, menggunakan mekanisme pra-koneksi HTTP untuk mempercepat penjelajahan.

Kode Respon HTTP Server Error (5xx)

 

a. 500 Internal Server Error

HTTP status code ini adalah kode yang dikirimkan ketika server mengalami situasi yang tidak diketahui cara menanganinya.

b. 502 Bad Gateway

Respons kesalahan ini berarti bahwa server, saat bekerja sebagai gateway untuk mendapatkan respons yang diperlukan untuk menangani permintaan, mendapat respons yang tidak valid.

c. 503 Service Unavailable

Kode ini akan muncul ketika server tidak siap untuk menangani permintaan tersebut. Penyebab umumnya adalah server tidak aktif karena pemeliharaan atau kelebihan beban.

d. 504 Gateway Timeout

Kode status ini akan muncul saat server bertindak sebagai gateway dan tidak bisa mendapatkan respons tepat waktu.

e. 511 Network Authentication Required

Kode status 511 menunjukkan bahwa kamu perlu melakukan otentikasi untuk mendapatkan akses jaringan.

 

Nah itulah kode kode error yang sering muncul dan mungkin akan kalian jumpai. semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang error code yang muncul agar tidak panik dan bisa mencari solusi terbaik.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya