Kapan Harus Menggunakan VPS?

Kapan Harus Menggunakan VPS?

Kapan Harus Menggunakan VPS?

Kapan harus menggunakan VPS? Ada saat dimana pengunjung websitemu semakin tinggi ataupun bisnis yang kamu kelola berkembang semakin pesat dan tidak mampu lagi dioperasikan dalam shared hosting. Karena itu kamu perlu menggunakan VPS agar bisa mendapatkan sumber daya yang lebih banyak dan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, kapan kita harus menggunakan VPS? Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih detailnya. Jika kamu baru memulai website atau bisnis, kamu bisa menjadikan artikel ini sebagai pertimbangan ke depannya.

Apa itu VPS?

VPS adalah server virtual yang berfungsi untuk menyimpan data dan file pada website. Biasanya VPS digunakan pada website yang membutuhkan sumber daya besar. VPS dibuat menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi hardware fisik menjadi beberapa server virtual. Secara analogi, seperti sebuah rumah yang dibagi menjadi beberapa kamar kos.

Mengapa Memilih VPS?

Kamu tidak harus menggunakan VPS jika memang kebutuhanmu masih tercover dalam shared hosting. Karena biaya VPS yang pastinya lebih tinggi, tapi jika dirasa websitemu kurang optimal kamu bisa mencoba untuk menggunakan VPS untuk merasakan perbedaannya.

Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan VPS

Kapan VPS diperlukan? Kamu bisa saja memerlukan VPS sejak awal. Bisa pula, kamu baru membutuhkan VPS ketika website atau kebutuhan bisnis kamu sudah berkembang menjadi lebih besar.

Jika kamu sudah memiliki website mungkin kamu akan menemui kondisi berikut sehingga kamu harus beralih menggunakna VPS

  1. Pengunjung website semakin meningkat
  2. Website mulai melambat
  3. Memerlukan sumber daya lebih banyak

Atau jika kamu seorang Developer mungkin kamu akan menemui kondisi ini

  1. Website yang dikelola semakin banyak
  2. Membutuhkan module atau software tambahan yang tidak tersedia pada layanan web hosting
  3. Perlu konfigurasi khusus pada server untuk menjalankan program

Itulah beberapa kondisi yang bisa saja kamu temui dan mulai berfikir untuk beralih ke VPS. Namun jika kamu tidak mengalami kondisi tersebut, kamu juga tetap bisa menggunakan VPS, karena banyak keunggulan yang akan kamu dapatkan.

Masih ragu menggunakan VPS? kamu bisa konsultasi dengan kami agar keperluan kamu bisa sesuai dengan layanan yang dibutuhkan.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya