Memahami Propagasi DNS Dalam Menghubungkan Dunia Internet

Memahami Propagasi DNS Dalam Menghubungkan Dunia Internet

Memahami Propagasi DNS Dalam Menghubungkan Dunia Internet

Kita semua pasti suka dan bahkan sering menjelajahi berbagai situs web favorit bukan? Namun, tahukah kamu bahwa di balik layar, ada proses ajaib yang membuat situs web dapat diakses di seluruh dunia? Proses itu disebut “Propagasi DNS.”

Apa Sih DNS Itu?

Oke, jadi DNS itu singkatan dari Domain Name System. Bayangkan DNS seperti buku telepon raksasa internet yang menghubungkan nama-nama situs web dengan alamat-alamat IP mereka. Tanpa DNS, kita harus mengingat deretan angka yang rumit setiap kali ingin mengunjungi suatu situs!

Bagaimana DNS Bekerja?

Jadi, ketika kamu mengetikkan sesuatu seperti “anymhost.id” di kotak pencarian atau browser, komputermu pertama-tama akan memeriksa di kotak memori lokalnya. Jika tak ada, permintaan akan dikirim ke server DNS.

Propagasi DNS untuk apa?

Nah, propagasi DNS terjadi ketika ada perubahan dalam informasi DNS untuk suatu domain. Misalnya, saat kamu mendaftarkan domain baru atau pindah ke server baru. Proses ini memastikan bahwa semua server DNS di seluruh dunia tahu kemana harus mengarahkan orang ketika mereka mencoba mengunjungi situsmu.

Bagaimana Proses Propagasi DNS?

Propagasi DNS berlangsung secara otomatis. Setelah kamu melakukan perubahan pada konfigurasi DNS (misalnya, mengubah server DNS atau menyesuaikan catatan DNS seperti A, CNAME, MX, dll.), proses propagasi akan berjalan secara otomatis di seluruh infrastruktur DNS di seluruh dunia dan untuk alurnya kurang lebih seperti berikut :

1. Pembaruan di Server DNS Utama

Pertama-tama, ketika terjadi perubahan pada informasi DNS untuk suatu domain, informasi baru ini diperbarui di server DNS utama. Server ini dikelola oleh penyedia domain atau penyedia hosting tempat kamu mendaftarkan situs webmu.

2. Penyebaran ke Server DNS Pendukung

Setelah perubahan tercatat di server utama, informasi baru perlu menyebar ke server DNS pendukung. Server ini adalah pelayan “bantu” yang terhubung langsung ke server utama. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit atau bahkan beberapa jam.

3. Penyebaran ke Seluruh Server DNS di Dunia

Tahap penting berikutnya adalah proses yang disebut Propagasi DNS. Pada saat ini, informasi baru yang telah diperbarui harus menyebar ke semua server DNS di seluruh dunia.

Di sinilah magisnya terjadi: server DNS di berbagai negara dan lokasi mulai memperbarui catatan mereka untuk mencocokkan informasi terbaru. Proses ini seperti domino, satu server memberi tahu server lain tentang perubahan yang terjadi. Meskipun dalam kebanyakan kasus perubahan akan mulai terlihat dalam beberapa menit, namun dalam beberapa kasus tertentu bisa juga memakan waktu hingga 48 jam.

Penting untuk diingat bahwa setiap server DNS memiliki waktu tertentu di mana mereka melakukan pembaruan. Inilah sebabnya mengapa propagasi DNS bisa memakan waktu.

Propagasi DNS adalah proses ajaib yang menghubungkan situs webmu ke seluruh dunia. Dengan memahami langkah-langkah di baliknya, kamu akan lebih siap untuk mengelola dan memperbarui domainmu dengan percaya diri. Jadi, sekarang kamu tahu, setiap kali kamu melihat situs webmu diakses dari berbagai belahan dunia, ada proses propagasi DNS yang bekerja di balik layar!

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya