Mengenal Teknologi Cloud Computing

Mengenal Teknologi Cloud Computing

Mengenal Teknologi Cloud Computing

Cloud computing adalah model penyediaan teknologi informasi yang menyediakan akses ke infrastruktur, platform, dan aplikasi melalui internet. Dengan cloud computing, Kamu tidak perlu membeli, menginstall, dan mengurus perangkat keras atau perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi. Sebaliknya, Kamu hanya perlu membayar sejumlah biaya untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh cloud computing.

Tipe Layanan Cloud Computing

1. Infrastruktur sebagai Service (IaaS)

Merupakan lapisan dasar dalam layanan cloud computing yang menyediakan infrastruktur teknologi informasi seperti server, storage, dan jaringan. Pengguna dapat menyewa infrastruktur ini sesuai kebutuhan dan membayar berdasarkan penggunaan. Layanan Virtual Private Server yang disediakan AnymHost termasuk dalam tipe ini.

2. Platform sebagai Service (PaaS)

Merupakan lapisan di atas IaaS yang menyediakan platform untuk mengembangkan, menguji, dan menjalankan aplikasi. Pengguna dapat menggunakan platform ini untuk mengembangkan aplikasi tanpa perlu memikirkan pengelolaan infrastruktur di bawahnya.

3. Software sebagai Service (SaaS)

Merupakan lapisan teratas dari cloud computing yang menyediakan aplikasi yang siap digunakan kepada pengguna. Pengguna hanya perlu membayar sejumlah biaya untuk menggunakan aplikasi tersebut tanpa perlu memikirkan pengelolaan infrastruktur atau platform di bawahnya. Contoh mudahnya seperti layanan web hosting yang disediakan AnymHost.

Keuntungan Menggunakan Cloud Computing

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan layanan cloud computing, berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan.

1. Biaya Rendah

Pengguna hanya perlu membayar sejumlah biaya untuk menggunakan layanan cloud computing, sehingga tidak perlu membeli perangkat keras atau perangkat lunak yang mahal. Bahkan saat ini ada sistem Pay as You Go yang artinya kamu hanya perlu membayar sesuai dengan apa yang kamu gunakan. Jadinya selain biaya rendah, pengeluaran juga lebih efisien. Sangat cocok bahkan untuk kamu yang baru merintis usaha digital.

2. Fleksibilitas Layanan

Keuntungan selanjutnya tentu saja fleksibilitas, pengguna dapat mengakses layanan cloud computing kapan saja dan di mana saja asalkan ada akses internet. Selain itu pengguna juga dapat menambah ataupun mengurangi layanan yang ada secara bebas. Jadi lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan yang akan digunakan.

3. Keamanan Tinggi

Cloud computing menyediakan tingkat keamanan yang tinggi karena infrastruktur, platform, dan aplikasi yang digunakan telah teruji dan dijaga oleh provider layanan.

4. Memudahkan Kolaborasi

Pengguna dapat bekerja secara tim dengan mudah dengan menggunakan layanan cloud computing karena dapat diakses oleh banyak orang dari berbagai perangkat dan lokasi yang berbeda.

5. Dukungan yang Baik

Provider cloud computing tentunya menyediakan dukungan teknis yang siap membantu pengguna jika terjadi masalah dengan layanan yang disediakan. Hal ini akan sangat membantu para pengguna yang masih belum terlalu paham mengenai masalah teknis dalam pengoperasian layanan cloud computing.

Contoh Pemanfaatan Cloud Computing

Saat ini sudah ada banyak sekali pemanfaatan dari teknologi cloud computing, kamu pasti bisa menemukannya dengan mudah baik itu ketika bekerja di kantor ataupun ketika belajar di sekolah. Berikut beberapa contohnya biar kamu ga bingung lagi.

Penyimpanan Data 

Cloud computing sering digunakan untuk menyimpan data secara online, seperti foto, video, dan dokumen. Pengguna dapat mengakses data tersebut kapan saja dan di mana saja melalui internet. Contoh layanan penyimpanan data yang menggunakan cloud computing adalah Google Drive, Dropbox, dan iCloud.

Aplikasi kantoran

Cloud computing juga sering digunakan untuk menjalankan aplikasi kantor, seperti dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Pengguna dapat mengakses aplikasi tersebut kapan saja dan di mana saja melalui internet. Contohnya seperti Google Workspace, Microsoft Office 365, dan Zoho Office.

Layanan Streaming

Cloud computing juga digunakan untuk menyediakan layanan streaming, seperti musik, film, dan acara televisi. Pengguna dapat mengakses layanan tersebut kapan saja dan di mana saja melalui internet. Contoh layanannya tentu saja kamu tau seperti crunchyroll, spotify , netflix dan banyak lainnya.

 

Cloud computing menawarkan kemudahan karena tidak perlu memikirkan pengelolaan infrastruktur atau perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi. Pengguna hanya perlu membayar sejumlah biaya untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh provider cloud computing. Selain itu, cloud computing juga menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi karena pengguna dapat menambah atau mengurangi kapasitas layanan sesuai kebutuhan.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya