Menjalankan Aplikasi Nodejs Dengan Mudah

Menjalankan Aplikasi Nodejs Dengan Mudah

cara menjalankan nodejs di hosting

Ada banyak pilihan bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web salah satunya adalah Nodejs. Pada panduan ini, kami akan bagikan bagaimana cara menjalankan aplikasi NodeJS di hosting dengan mudah.

Sebelum mulai, pastikan kamu sudah login ke control panel hosting. Jika belum tau kamu bisa membaca artikel sebelumnya Cara Login Control Panel Hosting. Selanjutnya kamu bisa gunakan bilah pencarian atau scroll secara perlahan dan cari menu Nodejs seperti pada screenshot berikut.

Node.js Tersedia di Paket Developer Hosting

Nodejs Setup Hosting

Jika sudah ketemu, klik saja untuk masuk ke menu setup Nodejs. Lalu klik lagi Create Aplication untuk menambahkan aplikasi Nodejs baru.

create nodejs application

setup aplikasi nodejs di Hosting

Berikut detail informasi dari field tersebut:

  • Node.js Version: Pilih versi NodeJS sesuai yang kamu butuhkan. Versi yang tersedia adalah versi 10,11,12,14 dan 16.
  • Application Mode: Pengaturan konfigurasi untuk environtment yang akan dibuat, opsi yang tersedia adalah development dan production
  • Application Root: Silahkan pilih directory yang ingin digunakan untuk meletakkan file aplikasi NodeJS
  • APP URL: Url yang akan digunakan untuk mengakses website yang dibuat dengan NodeJS
  • Application Startup File: File yang dipilih untuk diakses pertama kali, seperti contohnya start.js atau lainnya. ( Disesuaikan )

Setelah mengisikan form konfigurasi tersebut, klik create. Lalu tunggu beberapa saat prosesnya sampai selesai. Apabila selesai maka akan muncul tampilan NodeJS yang sudah dibuat seperti gambar berikut.

virtual environtment nodejs

Kamu bisa menyalin baris path yang muncul tersebut. Nantinya bisa digunakan untuk masuk ke nodevenv atau virtual environment. Setelah itu, jangan lupa klik Save.

Terakhir untuk melihat apakah Nodejs berjalan dengan normal atau tidak, kamu bisa mengakses domain atau APP Url yang telah diatur. Jika Nodejs berjalan normal maka akan mmenampilkan tulisan seperti berikut.

deploy nodejs berhasil

Sampai sini kamu sudah berhasil menjalankan aplikasi Nodejs. Kamu juga bisa melakukan penambahan framework lain seperti React.JS, Express, Vue, dan Angular pada aplikasi nodejs. Jangan lupa, lakukan restart app setiap melakukan perubahan pada NodeJS. Selamat mencoba.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya