Panduan Penggunaan File Manager

Panduan Penggunaan File Manager

Artikel kali ini akan berisi panduan lengkap yang cocok untuk pemula dalam mengoperasikan File Manager pada hosting. File Manager merupakan sebuah tempat dimana data website kita disimpan, jadi hal hal berikut akan penting kamu ketahui terlebih dahulu. Pastikan kamu pelajari panduan penggunaan file manager berikut sampai selesai.

Sebelum menuju ke panduan, kamu harus Masuk ke Control Panel Hosting dan pilih menu File Manager.

file manager hosting

Dan inilah tampilan awal dari file manager, selanjutnya kita akan bahas beberapa panduan penggunaannya.

Tampilan file manager

Cara Membuat File

Klik menu +File yang ada di menu atas, lalu nantinya akan muncul popup yang harus kamu isi dengan nama file yang akan dibuat serta lokasi dimana file tersebut akan ditaruh.

cara membuat file

Cara Membuat Folder

Klik menu +Folder yang ada di menu atas, lalu nantinya akan muncul popup yang harus kamu isi dengan nama folder yang akan dibuat serta lokasi dimana folder tersebut.

cara membuat folder

Cara Memindahkan File / Folder

Pertama kamu pilih file / folder yang akan dipindahkan, file / folder yang dipilih akan berwarna biru seperti pada gambar berikut. Jika sudah memilih selanjutnya klik Move yang ada di menu atas dan masukkan path baru untuk file / folder kamu.

cara memindahkan file / folder

Cara Upload File

Selanjutnya untuk mengupload file ke hosting, kamu bisa klik Upload yang ada di menu atas. Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman baru untuk mengupload file. Di halaman ini kamu bisa memilih file yang akan di upload dengan mengklik tombol biru betuliskan Select File atau menarik file ke area yang ditandai.

Cara upload file ke hosting

cara upload file ke file manager hosting

Cara Menghapus File / Folder

Menghapus file & folder sangat mudah, kamu hanya perlu pilih file / folder yang akan dihapus, file / folder yang terpilih akan berwarna biru seperti pada gambar. Lalu klik Delete yang ada di menu atas. Setelah itu akan muncul popup, kamu bisa centang pilihan Skip the trash and permanently delete the files jika ingin file dihapus secara permanen. Atau jika tidak di centang maka file akan dipindahkan ke folder trash dan bisa di Restore.

Cara menghapus file / folder di file manager

Cara Mengubah Nama File / Folder

Mengubah nama file / folder juga sama mudahnya, kamu hanya perlu memilih file / folder pastikan lebih teliti, file / folder yang dipilih akan berwarna biru. Lalu klik Rename yang ada di menu atas/ Selah itu akan muncul popup dengan input yang bisa diisi dengan nama baru untuk file / folder tersebut.

Cara Mengubah Nama File / Folder

Cara Compress File

Dengan melakukan compress, kamu bisa lebih mudah memindahkan banyak file. Untuk mengcompress pertama tama kamu bisa pilih dahulu file apa saja yang akan di compress. Pada panduan ini kita akan mengcompress semua folder dan file yang ada di directory /home dengan mengklik Select ALL yang ada di menu atas.

Setelah itu akan muncul popup dengan pilihan tipe compresi, kamu bebas memilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Scroll sedikit ke bawah kamu juga akan menemukan path untuk meletakkan hasil compress beserta nama file hasil compress.

cara compress file dan folder

cara compress file di hosting

Itulah panduan pengunaan file manager yang perlu kamu ketahui agar tidak kebingungan dalam mengelola data website.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya