Apa itu VPS? Pengertian, Fungsi dan Keunggulan

Apa itu VPS? Pengertian, Fungsi dan Keunggulan

Apa itu VPS?

Untuk kamu yang sudah lama mengelola suatu website, mungkin tidak asing dengan Virtual Private Server (VPS). Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu vps? dan apa saja fungsi serta keunggulannya.

Apa itu VPS?

VPS atau yang disebut Virtual Private Server merupakan sebuah server yang berkaitan dengan teknologi virtualisasi, dimana satu server fisik akan diubah menjadi beberapa mesin virtual, sehingga dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda.

Jadi bisa dibilang, VPS ini mirip dengan shared hosting, karena pada dasarnya kamu masih berbagi satu server fisik dengan pengguna lain, namun secara bersamaan juga menyerupai dedicated server, karena kamu akan mempunyai alokasi resources sendiri, mempunyai akses root untuk mengubah pengaturan server, dan bahkan menghidupkan dan mematikan virtual machine kamu.

Fungsi dan Kegunaan VPS

Biasanya, pemilik situs menyewa VPS karena jumlah traffic pada website yang sudah tinggi, bahkan mencapai batas penggunaan yang disarankan pada shared hosting atau tipe lainnya. Akan tetapi, kamu mungkin belum memerlukan resource dari dedicated server sehingga VPS dirasa menjadi pilihan yang bagus karena dapat mengcover kebutuhan, dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain karena alasan tersebut kamu juga bisa menggunakan VPS untuk beragam kebutuhan lain seperti :

1. Web Hosting

VPS adalah salah satu pilihan menguntungkan ketika kamu ingin membuat web hosting yang bisa menghandle traffic tinggi dengan biaya terjangkau. Dengan menggunakan layanan ini maka kamu akan mendapat resources yang lebih tinggi dari shared hosting. Namun biaya yang kamu perlukan tidak sebesar ketika kamu menggunakan dedicated hosting. Jika kamu memiliki website yang baru berkembang, dengan traffic yang mulai meningkat maka VPS ini merupakan pilihan yang pas.

2. Remote Server

Terkadang ada saat nya kita perlu kerja dari jarak jauh, maka kamu bisa menggunakan VPS sebagai remote server untuk menjalankan pekerjaanmu. Kamu tidak perlu repot membawa perangkat yang cukup berat dan bisa menguras tenaga. Dengan remote server juga kamu bisa lebih bebas mengontrol dan akses server darimana saja.

3. Development Server

Jika Kamu sedang mengembangkan software, aplikasi, sistem operasi, atau website, tentu membutuhkan server dengan harga terjangkau, tapi memberikan fasilitas yang cukup untuk melakukan percobaan software atau aplikasi. VPS ini bisa jadi salah satu pilihan kamu.

4. Game Server

Pada VPS, Knda bisa membangun server gaming secara bebas. Mulai dari install game, membangun dan mengelola game, hingga membuat koneksi game yang lebih aman dari pihak ketiga. Tentunya kamu harus memilih spesifikasi yang mumpuni sesuai dengan game yang akan kamu jalankan.

Keunggulan VPS

Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan VPS.

  • Lebih cepat dan andal daripada shared hosting.
  • Masalah terkait website dan traffic yang terjadi di user lain tidak memengaruhi website kamu.
  • Kamu memperoleh akses superuser (root) ke server yang bisa mengkonfigurasi server lebih bebas.
  • Privasi lebih terjamin sebagaimana file dan database tersimpan serta tidak bisa diakses user server lain.
  • Layanan yang mudah di-scale. Seiring dengan bertumbuh dan berkembangnya website, Kamu bisa dengan mudah mengupgrade resource server (RAM, CPU, disk space, dan lain-lain).

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tau tentang apa itu VPS. Dan yang perlu kamu pahami juga, VPS adalah layanan server pribadi yang memungkinkan kamu bisa melakukan semua konfigurasi sendiri. Karena hal tersebut, maka pastikan kamu memiliki kemampuan dalam management server ketika kamu memutuskan untuk menggunakan VPS.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya