Control Panel VPS Gratis yang Bisa Kamu Gunakan

Control Panel VPS Gratis yang Bisa Kamu Gunakan

Control Panel VPS Gratis

Control panel ini akan memudahkan kamu dalam mengelola VPS dengan GUI, dibandingkan menggunakan command line yang cukup rumit apalagi untuk pemula. Beberapa rekomendasi control panel berikut bisa juga kamu install pada VPS yang disediakan AnymHost.

Setiap control panel memiliki fitur yang berbeda beda, kamu bisa memilih control panel yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada beberapa fitur yang biasanya dicari dalam sebuah control panel seperti File Manager, DNS Manager, Database, Laporan akses atau Log, One Click Install.

Belum tau apa itu VPS? kamu bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul Apa itu VPS dan Keunggulannya. Jika sudah yuk langsung saja berikut beberapa control panel VPS gratis yang bisa kamu gunakan.

HestiaCP

hestiacp vps control panel

HestiaCP adalah control panel server web open source gratis dan merupakan cabang dari control panel Vestacp yang populer. hestia memiliki interface web yang sederhana dan bersih, dan menawarkan kemungkinan bagi administrator untuk mengelola fitur inti dari server web mereka, termasuk mengelola dan menyebarkan situs web, akun email, dns zone, dan database.

Fitur keunggulan dari HestiaCP adalah Quick Install Apps, yang berarti cara cepat untuk menginstal aplikasi web populer. seperti WordPress, Drupal, Joomla, Opencart, Prestashop, Laravel, dan Symfony.

ISPConfig

ispconfig anymhost

Dikembangkan oleh SPConfig UG, ISPConfig adalah control panel VPS terbaik gratis yang menggunakan lisensi BSD. Panel ini mengimplementasikan web based interface yang memungkinkan mengelola beberapa fungsi VPS. ISPConfig cukup populer digunakan, mereka juga menyediakan layanan support untuk pengguna enterprise. Terdapat dukungan multi-server, dukungan IPv6, dan virtualisasi (OpenVZ).

Ajenti

ajenti vps panel

Ajenti adalah control panel VPS yang fokus pada efisiensi eksekusi program. Beberapa admin situs web menggunakan ini karena merasa lebih cepat dalam melakukan akses remote dengan performa lebih tinggi.

Kontrol panel ini berbasiskan Python yang mana kontrol panel lain lebih dominan menggunakan PHP. Tampilan kontrol panel cukup menarik dengan dukungan berbagai macam sistem operasi.

Webmin

webmin vps control panel

Salah satu keunggulan yang begitu populer dari Webmin adalah soal fleksibilitasnya. Sebab control panel ini bisa dipakai dalam sistem operasi berbasis Linux dan juga windows. Webmin akan memudahkan Kamu dalam hal melakukan konfigurasi sebuah sistem operasi yang berbasis UNIX. Adapun control panel seperti Webmin begitu cocok saat mengelola server terlebih jika belum mempunyai banyak pengalaman memakai command line.

Mengelola server Linux terkenal dengan kesulitannya terutama untuk orang yang tak mempunyai banyak pengalaman dengan keberadaan command line. Webmin memiliki banyak fitur salah satunya yakni interface intuitif dan mudah dipakai untuk mengelola server.

aaPanel

install aapanel

Selanjutnya ada aaPanel yang termasuk salah satu jenis control panel VPS versi gratis secara penuh. Meskipun gratis Kamu tak perlu khawatir terkait kelengkapan fitur. aaPanel tetap memberikan fitur terbaik dan paling lengkap.

Bukan itu saja, aaPanel merupakan control panel yang powerful dan bisa mengelola website server dengan basis web base GUI. Control panel aaPanel menyediakan one click installer untuk mneginstall LNMP atau LAMP.

Tujuan utama dari control panel ini adalah untuk membantu para pengguna dalam melakukan efisiensi di tahap deploy dan penggunanya juga lebih fokus pada penyelesaian project dengan baik.

Baca Juga : Cara Install aaPanel di VPS Centos

Cyberpanel

cyberpanel vps control panel

Pilihan panel VPS gratis selanjutnya ada CyberPanel yang bisa dikategorikan sebagai salah satu control panel terbaik pada saat ini. Cyberpanel hadir dalam versi gratis namun mempunyai fitur yang begitu lengkap serta canggih.

Sehingga CyberPanel cocok untuk Anda yang perlu menghemat biaya website namun tetap ingin menikmati layanan control panel secara lebih professional. Terdapat banyak fitur mumpuni di dalamnya yang bisa menjadi andalan saat menggunakan Cyberpanel.

Fitur tersebut misalnya saja OpenLiteSpeed yang akan membantu dalam hal optimasi web server untuk mendapat akses lebih cepat. Control panel CyberPanel datang juga dengan server FTP aman dengan kualitas serta fleksibilitas tinggi dibandingkan dengan panel lainnya.

Itulah beberapa control panel VPS gratis yang bisa kamu gunakan, kamu juga bisa menginstall control panel tersebut di paket VPS yang disediakan AnymHost. Tidak perlu khawatir lagi kesulitan mengelola VPS karena ada banyak control panel yang bisa kamu gunakan.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya