Cara Menampilkan Hidden File di Cpanel

Cara Menampilkan Hidden File di Cpanel

Cara Menampilkan Hidden File di Cpanel

Dalam file manager yang ada di cpanel, ada beberapa file yang disembunyikan secara default. File yang tersembunyi ini biasanya memiliki titik di awalan nama filenya seperti contohnya .htaccess .trash dan beberapa file lainnya. Lalu bagaimana cara menampilkannya? langsung saja simak panduan cara menampilkan hidden file di Cpanel berikut.

1. Login ke Cpanel

Langkah pertama tentunya kamu perlu login ke Cpanel, kamu bisa login melalui clientarea AnymHost dengan mengikuti Panduan Login ke Control Panel.

2. Masuk ke File Manager

Selanjutnya setelah login ke Cpanel, kita masuk ke menu File Manager lihat di gambar berikut.

cara menampilkan file tersembunyi cpanel

Setelah itu klik setting yang ada di pojok kanan atas.

Cara menampilkan hidden file

Lalu centang pada pilihan Show Hidden Files setelah itu klik Save.

show hidden file cpanel file manager

Jika sudah maka kamu bisa cek kembali file managernya, akan ada beberapa file baru yang muncul.

Hidden File & Fungsinya

Hidden file dibuat tersembunyi bukan tanpa sebab, tentunya agar file ini tidak sengaja terhapus oleh pengguna. Karena beberapa diantara hidden file ini merupakan file konfigurasi yang sifatnya penting. Sehingga secara default beberapa file ini tersembunyi.

Lalu apa saja file yang disembunyikan di Cpanel? Berikut beberapa file penting yang secara default disembunyikan Cpanel.

.htaccess

File .htaccess pada Cpanel dapat digunakan untuk mengatur aturan akses dan pengaturan lainnya pada server web Apache yang digunakan oleh Cpanel seperti redirect, pembatasan akses dan hal lainnya. Kamu bisa baca penjelasan lebih lengkap tentang .htaccess pada Panduan Dasar Konfigurasi .htaccess.

.trash

Directory .trash adalah tempat penyimpanan untuk file atau folder yang dihapus dari Cpanel. Saat kamu menghapus file dari hosting Cpanel, maka kamu akan ditawarkan opsi untuk meletakkan file tersebut di dalam folder Trash terlebih dahulu atau menghapusnya secara permanen dari hosting. Nah jika kamu memilih meletakkan di dalam folder Trash, maka disinilah lokasi file kamu itu.

.cagefs

File .cagefs adalah file yang digunakan dalam sistem CageFS, yang merupakan sebuah sistem keamanan dan isolasi untuk shared hosting. Sistem ini digunakan untuk menyediakan lingkungan virtual yang aman dan terisolasi untuk setiap pengguna hosting, sehingga setiap pengguna hanya dapat mengakses file dan direktori yang ditentukan. File ini termasuk sangat penting, karena itulah secara default file ini akan disembunyikan.

.cpanel

Folder .cpanel adalah folder yang digunakan oleh cPanel untuk menyimpan file konfigurasi dan data yang digunakan untuk mengatur dan mengelola server web. Folder ini biasanya terletak di dalam direktori web root.

Masih ada beberapa hidden file lain yang dapat kamu temukan, kamu bisa langsung cek sendiri di cpanel yang digunakan saat ini. Dan itulah panduan mengenai cara menampilkan hidden file di Cpanel, semoga bisa membantu kamu.

AnymHost
AnymHost
Membuat artikel untuk membantu semua orang dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, apakah artikel ini bermanfaat untukmu?
ARTIKEL
Lainnya