Rekomendasi Software SSH Client Terbaik

Rekomendasi Software SSH Client Terbaik

rekomendasi ssh client

SSH client adalah aplikasi yang digunakan untuk terhubung ke SSH server ( Remote Server ). SSH adalah singkatan dari Secure Shell yang merupakan protokol jaringan kriptografi, yang dibuat untuk menggantikan Telnet. SSH client biasanya sudah terinstall secara default pada sistem operasi, namun kamu juga bisa menggunakan software berikut untuk lebih memudahkan.

Saat memilih SSH client, kamu harus mempertimbangkan fitur yang diberikan, kemudahan penggunaan, kemudahan instalasi, dukungan serta dokumentasi yang tersedia. Kamu juga bisa mempertimbangkan Harga jika SSH client yang akan digunakan memiliki fitur premium.

Berikut beberapa Software SSH client terbaik yang bisa kamu gunakan,

SSH Client Android

1. Putty

putty android ssh client

Siapa yang tidak mengenal Putty? Putty merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer. Sampai sekarang, aplikasi ini sudah memiliki banyak pengguna yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Salah satu alasan kenapa Putty banyak dipilih karena Kamu bisa menggunakannya secara gratis. Meskipun gratis, fitur-fitur yang dimiliki oleh Putty tidak dibatasi.

Kamu bisa melakukan berbagai konfigurasi SSH dengan aplikasi Putty dengan mudah. Tampilanya yang sederhana menjadi alasan kenapa aplikasi ini banyak dipilih. Dulu, Putty tersedia untuk para pengguna Windows maupun Linux. Sekarang Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone Android. Kualitasnya pun tidak jauh berbeda dengan versi PC-nya.

 

SSH Client Windows

1.Putty

ssh client putty

Ini merupakan salah satu aplikasi SSH client yang cukup populer dan banyak digunakan. Selain karena gratis, Putty juga bisa dijalankan menggunakan OS Linux. Tak hanya itu saja, dalam aplikasi Putty sendiri juga memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan.Beberapa fitur yang ada pada Putty adalah IP Version 6 support, Support SFTP, Mendukung 3DES, Blowfish, Arcfour, DES, AES, Dukungan untuk koneksi lokal port serial dan masih banyak fitur lainnya.

Selain mendukung SSH, Putty juga mendukung koneksi melalui telnet, raw, rlogin dan serial communications. Putty terkenal sangat ringan dan tidak membebani resource.Fitur penyimpanan profilenya juga sangat berguna untuk memudahkan Kamu jika nantinya ingin kembali melakukan remote koneksi pada profile yang pernah digunakan sebelumnya.

2.Bitvise

ssh client bitvise

Bitvise merupakan aplikasi yang biasanya digunakan oleh para penikmat internet gratis dan memiliki fungsi yang sangat beragam. Fungsi tersebut biasanya untuk menjalankan berbagai perintah melalui terminal console, menjalankan SFTP, bahkan remote desktop sekalipun dapat dilakukan.

Untuk urusan tampilan, bitvise tentunya sangat berbeda dengan putty. Di bitvise Kamu akan diminta untuk memasukkan data login secara langsung dan setelah itu baru Kamu bisa memilih fungsi apa yang ingin dijalankan. Profile login bitvise juga dapat Kamu simpan sehingga dapat mempermudah proses login berikutnya.

3.mRemoteNG

ssh client windows

mRemoteNG memiliki tampilan yang berbeda. Untuk tampilan awal hanya tersedia kolom untuk memasukkan IP atau host. Setelah itu baru kamu akan diberikan opsi untuk memilih jenis koneksi yang ingin digunakan, apakah melalui RDP, VNC, SSH1, SSH2, Telnet, Rlogin, RAW, HTTP, HTTPS atau ICA. Pada aplikasi ini juga tersedia dalam versi portable dan installer dengan ukuran file sekitar 3MB.

M Ryan
M Ryan
Seorang pelajar yang suka membuat konten, saat ini menjadi content creator di AnymHost. Suka dengan artikelku? jangan lupa bagikan ya!!!
ARTIKEL
Lainnya